PENDAHULUAN
Komunikasi efektif adalah kominikasi yang tepat sasaran dalam mencapai tujuan. Komunikasi dikatakan efektif jika, informasi,ide atau pesan yang di sampaikan dapat diterima dan dapat dipahami dengan baik sehingga dapat terbentuk kesamaan persepsi, perubahan prilaku atau saling mendapatkan informasi atau menjadi paham. Di dalam sebuah rumah sakit terdiri dari berbagai profesi; yaitu medic ( dokter umum, dokter spesialis) keperawatan ( perawat klinik, bidan ) dan profesi lainnya ( farmasi, analis, radiografi, dll ) yang memiliki kebiasaan dan dan latar belakang masing-masing profesinya. Namun untuk bekerja dalam melayani kebutuhan pasien dengan prinsip.
“ patient center care “ , masing masing profesi tidak bisa bekerja sendiri sendiri, tetapi harus menjadi tim yang solid, kompak, saling bekerjasama, dibutuhkan komunikasi yang baik di antara sesame anggota nya. Komunikasi efektif dapat diterapkan untuk menjadi solusi sehingga masing masing anggota saling memahami dan menghargai demi mencapai nya tujuan bersama. Berkomunikasi efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Oleh karena itu , dalam bahasa asing orang menyebutnya “ the communication is in tune” , yaitu kedua bela pihak yang berkomunikasi sama samamengerti apa pesan yang simapaikan.
Akreditasi Kementrian Kesehatan (STARKES) rumah sakit merupakan upaya penjaminan mutu pelayanan rumah sakit yang menekankan konsep patient centered care (PCC) atau pelayanan yang berfokus pada pasien, dimana semua pelayanan berorientasi untuk memenuhi kebutuhan pasien dan mengutamakan keselamatan pasien bukan lagi menekankan pada kepentingan rumah sakit semata. Oleh karenanya komunikasi menjadi sangat penting dalam mewujudkan kesamaan dalam berpikir dan bertindak.
Maka kami Lembaga Pelatihan Mitra Konsultan & Diklat Rumah Sakit mengajak Bapak/Ibu/Saudara(i) Aparatur di lingkungan rumah sakit untuk mengikuti Bimbingan Teknis dengan tema Pelatihan Implementasi Komunikasi Efektif (KE) Sesuai Standar Akreditasi Rumah Sakit.
Pelatihan diadakan selama tiga hari, dengan biaya yang sangat terjangkau. Materi disampaikan oleh narasumber yang ahli dibidangnya.
MATERI
1. Overview Komunikasi Efektif
2. Overview Komunikasi Edukasi dalam Standar Akreditasi Rumah Sakit (STARKES 2022)
3. Komunikasi Antar Staf Klinis
4. Komunikasi dengan Pasien dan Keluarga
5. Komunikasi dengan Masyarakat
6. Komunikasi rumah sakit dengan semua Staf
7. Praktek Komunikasi dalam penanganan Komplain
KRITERIA PESERTA
1. Kepala / Manajer Keperawatan RS
2. Kepala Ruang Rawat RS
3. Dokter, Perawat dan Bidan
4. Bagian Front Office RS
5. Seluruh Karyawan RS
METODE PELAKSANAAN
1. Presentasi
2. Diskusi Tanya Jawab
3. Studi Kasus
4. Simulasi / Praktek
WAKTU TANGGAL PELAKSANAAN
Jan. 2025 | Feb. 2025 | Maret 2025 | April 2025 | Mei 2025 | Juni 2025 |
14-16 | 06-08 | 05-07 | 10-12 | 02-04 | 10-12 |
23-25 | 19-21 | 20-22 | 15-17 | 14-16 | 19-21 |
29-31 | 26-28 | 24-26 | 24-26 | 23-25 | 24-26 |
Juli 2025 | Agust 2025 | Sept 2025 | Okt. 2025 | Nov. 2025 | Des. 2025 |
04-06 | 07-09 | 02-04 | 02-04 | 05-07 | 05-07 |
17-19 | 22-24 | 10-12 | 17-19 | 20-22 | 12-14 |
29-31 | 29-31 | 26-28 | 29-31 | 28-30 | 19-21 |
TEMPAT PELAKSANAAN
DE LAXSTON HOTEL *** YOGYAKARTA
Jl.Urip Sumoharjo No.139A Kota Yogyakarta (Depan Bioskop XXI Kota Yogyakarta)
PAKET BIAYA PELATIHAN DAN FASILITAS
BIAYA PELATIHAN | FASILITAS |
Paket Menginap Rp. 5.800.000/ Peserta |
Menginap 1 kamar /Peserta selama 2 malam Konsumsi; Breakfast, Coffee Break, Lunch, Dinner. Selama berada dihotel. Seminar Kitt : Tas Ransel, Blocknote, Balpoint, Cocart, Sertifikat Pelatihan, Flasdisk Berisi Materi dan Foto kegiatan |
Paket Tanpa Menginap Rp. 4.800.000/ Peserta |
Konsumsi Breakfast, Coffee Break, Lunch, Dinner selama acara berlangsung. Seminar Kitt : Tas Ransel, Blocknote, Balpoint, Cocart, Sertifikat Pelatihan, Flasdisk Berisi Materi dan Foto kegiatan |
Paket Online Training Rp. 3.500.000 / Peserta |
Pelatihan selama 1 hari : Ruang Zoom Meeting, Rekaman Zoom Meeting, Sertifikat Pelatihan, Softfile Materi |
MEKANISME PEMBAYARAN
Pembayaran bisa dilakukan dengan ditransfer melalui :
1. BANK BPD DIY a.n : MITRA KONSULTAN DIKLAT No. Rekening : 041.211.010529
2. BANK MANDIRI a.n : MITRA KONSULTAN DIKLAT No. Rekening : 137-00-2464897-0
bukti Transfer dapat dikirim melalui Whatsapp : 082-133-835-500
INFORMASI PENDAFTARAN
Hubungi no kontak whatshapp kami di 082-133-835-500 atau
KETIK : Kami mendaftarkan diri sebagai peserta, dengan identitas sebagai berikut:
Tema/Judul Pelatihan | |
Nama Lengkap & Gelar | |
Jabatan | |
Nama Instansi | |
Pilih Tanggal Pelaksanaan | |
Paket Biaya Pelatihan | |
Metode Pembayaran | Transfer / On Site |
No. Kontak Peserta |
Kirim ke Whatsapp kami : 082-133-835-500
USULAN / PERMINTAAN JUDUL
Kami menerima usulan tema pelatihan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Instansi dan Usulan InHouse Training
HUBUNGI KAMI
Dapatkan Informasi Mengenai Diklat Pemda & Rumah Sakit Terbaru
Hubungi Kami Via WhatsApp Hubungi Kami Via Telephone