PENDAHULUAN
Komunikasi efektif  adalah kominikasi yang tepat sasaran dalam mencapai tujuan. Komunikasi dikatakan efektif jika, informasi,ide  atau pesan yang di sampaikan dapat diterima dan dapat dipahami dengan baik sehingga dapat terbentuk kesamaan persepsi, perubahan prilaku atau saling mendapatkan informasi atau menjadi paham. Di dalam sebuah rumah sakit terdiri dari berbagai profesi;  yaitu medic ( dokter umum, dokter spesialis) keperawatan ( perawat klinik, bidan ) dan profesi lainnya ( farmasi, analis, radiografi, dll ) yang memiliki kebiasaan dan dan latar belakang  masing-masing  profesinya. Namun untuk bekerja dalam melayani kebutuhan pasien dengan prinsip.

“ patient center care “ , masing masing profesi tidak bisa bekerja sendiri sendiri, tetapi harus menjadi tim yang solid, kompak, saling bekerjasama, dibutuhkan komunikasi yang baik di antara sesame anggota nya. Komunikasi efektif dapat diterapkan untuk menjadi solusi sehingga masing masing anggota saling memahami dan menghargai demi mencapai nya tujuan bersama. Berkomunikasi efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Oleh karena itu , dalam bahasa asing orang menyebutnya “ the communication is in tune” , yaitu kedua bela pihak yang berkomunikasi sama samamengerti apa pesan yang simapaikan.

Akreditasi Kementrian Kesehatan (STARKES)  rumah sakit  merupakan  upaya penjaminan mutu pelayanan rumah sakit yang  menekankan konsep patient centered care (PCC) atau pelayanan yang berfokus pada pasien, dimana semua pelayanan berorientasi untuk memenuhi kebutuhan pasien dan mengutamakan keselamatan pasien bukan lagi menekankan pada kepentingan rumah sakit semata. Oleh karenanya komunikasi menjadi sangat penting dalam mewujudkan kesamaan dalam berpikir dan bertindak.

Maka kami Lembaga Pelatihan Mitra Konsultan & Diklat Rumah Sakit mengajak Bapak/Ibu/Saudara(i) Aparatur di lingkungan rumah sakit untuk mengikuti Bimbingan Teknis dengan tema Pelatihan Implementasi Komunikasi Efektif (KE) Sesuai Standar Akreditasi Rumah Sakit.

Pelatihan diadakan selama tiga hari, dengan biaya yang sangat terjangkau. Materi disampaikan oleh narasumber yang ahli dibidangnya. 
MATERI
1. Overview Komunikasi Efektif
2. Overview Komunikasi Edukasi dalam Standar Akreditasi Rumah Sakit (STARKES 2022)
3. Komunikasi Antar Staf Klinis
4. Komunikasi dengan Pasien dan Keluarga
5. Komunikasi dengan Masyarakat
6. Komunikasi rumah sakit dengan semua Staf
7. Praktek Komunikasi dalam penanganan Komplain

KRITERIA PESERTA
1. Kepala / Manajer Keperawatan RS
2. Kepala Ruang Rawat RS
3. Dokter, Perawat dan Bidan
4. Bagian Front Office RS
5. Seluruh Karyawan RS

METODE PELAKSANAAN
1. Presentasi
2. Diskusi Tanya Jawab
3. Studi Kasus
4. Simulasi / Praktek

WAKTU TANGGAL PELAKSANAAN

Jan. 2025 Feb. 2025 Maret 2025  April 2025  Mei 2025  Juni 2025
14-16 06-08 05-07 10-12 02-04 10-12
23-25 19-21 20-22 15-17 14-16 19-21
29-31 26-28 24-26 24-26 23-25 24-26
Juli 2025 Agust 2025  Sept 2025 Okt. 2025  Nov. 2025 Des. 2025
04-06 07-09 02-04 02-04 05-07 05-07
17-19 22-24 10-12 17-19 20-22 12-14
29-31 29-31 26-28 29-31 28-30 19-21

TEMPAT PELAKSANAAN
DE LAXSTON HOTEL *** YOGYAKARTA
Jl.Urip Sumoharjo No.139A Kota Yogyakarta (Depan Bioskop XXI Kota Yogyakarta)

PAKET BIAYA PELATIHAN DAN FASILITAS

BIAYA PELATIHAN FASILITAS
Paket Menginap
Rp. 5.800.000/ Peserta
Menginap 1 kamar /Peserta selama 2 malam
Konsumsi; Breakfast, Coffee Break, Lunch, Dinner. Selama berada dihotel. Seminar Kitt : Tas Ransel, Blocknote, Balpoint, Cocart, Sertifikat Pelatihan, Flasdisk Berisi Materi dan Foto kegiatan
Paket Tanpa Menginap
Rp. 4.800.000/ Peserta
Konsumsi Breakfast, Coffee Break, Lunch, Dinner selama acara berlangsung. Seminar Kitt : Tas Ransel, Blocknote, Balpoint, Cocart, Sertifikat Pelatihan, Flasdisk Berisi Materi dan Foto kegiatan
Paket Online Training
Rp. 3.500.000 / Peserta
Pelatihan selama 1 hari : Ruang Zoom Meeting, Rekaman Zoom Meeting, Sertifikat Pelatihan, Softfile Materi

MEKANISME PEMBAYARAN
Pembayaran bisa dilakukan dengan ditransfer melalui :
1. BANK BPD DIY a.n :  MITRA KONSULTAN DIKLAT No. Rekening : 041.211.010529
2. BANK MANDIRI a.n : MITRA KONSULTAN DIKLAT No. Rekening : 137-00-2464897-0

bukti Transfer dapat dikirim melalui Whatsapp : 082-133-835-500

INFORMASI PENDAFTARAN  
Hubungi no kontak whatshapp kami di 082-133-835-500 atau
KETIK : Kami mendaftarkan diri sebagai peserta, dengan identitas sebagai berikut:

Tema/Judul Pelatihan                
Nama Lengkap & Gelar               
Jabatan                              
Nama Instansi                       
Pilih Tanggal Pelaksanaan     
Paket Biaya Pelatihan                
Metode Pembayaran                 Transfer / On Site
No. Kontak Peserta   

Kirim ke Whatsapp kami    : 082-133-835-500
USULAN / PERMINTAAN JUDUL
Kami menerima usulan tema pelatihan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Instansi dan Usulan InHouse Training

Anda dapat membagikan dengan :

Kontak Kami

HUBUNGI KAMI

Dapatkan Informasi Mengenai Diklat Pemda & Rumah Sakit Terbaru

Hubungi Kami Via WhatsApp Hubungi Kami Via Telephone
Chat Us On WhatsApp