PENDAHULUAN
Unit Rawat Inap Anak sebagai salah satu fasilitas dari pelayanan kesehatan di Rumah Sakit harus dapat memberikan pelayanan keperawatan yang komprehensif, berkualitas, safety dan berfokus pada pasien. Untuk dapat memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas diperlukan pengelolaan yang baik terhadap sumber daya yang ada di unit rawat inap dengan menggunakan prinsip manajemen. Manajemen pelayanan rawat inap bagi kepala ruang/unit di Rumah Sakit merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara sistematik di unit rawat inap meliputi perencanaan, penggerakan, pelaksanaan serta pengendalian, pengawasan dan penilaian untuk memberikan pelayanan keperawatan yang bermutu di unit rawat inap. Ruang Perawatan Anak merupakan salah satu dari Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit yang memberikan pelayanan pada anak yang sakit. Ruang Perawatan Anak memberikan kenyamanan kepada pasien dengan memberikan pelayanan professional, handal dan keramahan staff, serta fasilitas yang memadai.
Kepala ruang/unit rawat inap anak sebagai seorang manajer operasional harus memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan sumber daya yang ada dalam kegiatan pelayanan. Hal ini sejalan dengan peraturan Menteri Kesehatan RI No. 159b Menkes/Per/II/1998, dan SK Menkes No. 436/1993 tentang penerapan standar pelayanan Rumah Sakit serta pemberlakuan Standar Akreditasi Kemenkes tahun 2022. Dalam pelaksanaanya masih banyak rumah sakit yang mengalami masalah diantaranya adalah SDM yang akan/telah diangkat menjadi kepala unit/ruang perawatan belum dibekali dengan pengetahuan yang mendukung peran dan fungsinya dalam mengoptimalkan pelayanan rawat inap anak.
Maka kami Lembaga Pelatihan Mitra Konsultan & Diklat Rumah Sakit mengajak Bapak/Ibu/Saudara(i) Aparatur di lingkungan rumah sakit untuk mengikuti Bimbingan Teknis dengan tema Pelatihan Manajemen Rawat Inap Kamar Bedah / Kamar Operasi Berdasarkan Standar Mutu Dan Ketentuan Akreditasi Rumah Sakit
Pelatihan diadakan selama tiga hari, dengan biaya yang sangat terjangkau. Materi disampaikan oleh narasumber yang ahli dibidangnya.
MATERI
1. Kebijakan Manajemen Rawat Inap Anak berdasarkan standar Akreditasi Kemenkes
2. Menentukan Standar Pelayanan dalam Praktik Ruang Rawat Inap Anak
3. Persiapan Pelayanan Perawatan Anak sesuai standar Mutu
4. Pengendalian dan Pencegahan Infeksi diunit Rawat Inap Anak
5. Komunikasi dalam interaksi Pasien Anak
6. Perencanaan Kegiatan Pelayanan Rawat Inap Anak di Rumah Sakit
7. Penggerakan dan Pelaksanaan Kegiatan Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit
8. Menentukan Asuhan Keperawatan Anak
9. Model sistem Pengawasan, Pengendalian dan Penilaian Kegiatan Pelayanan Rawat Inap Anak
KRITERIA PESERTA
1. Kepala Ruang Rawat Inap Anak
2. Perawat Ruang Rawat Inap Anak
3. Dokter, Bidan Ruang rawat Inap Anak
4. Perawat Pelaksana Ruang Rawat Inap Anak
METODE PELAKSANAAN
1. Presentasi
2. Diskusi Tanyajawab
3. Studi Kasus / Pemecahan Masalah
WAKTU TANGGAL PELAKSANAAN
Jan. 2025 | Feb. 2025 | Maret 2025 | April 2025 | Mei 2025 | Juni 2025 |
14-16 | 06-08 | 05-07 | 10-12 | 02-04 | 10-12 |
23-25 | 19-21 | 20-22 | 15-17 | 14-16 | 19-21 |
29-31 | 26-28 | 24-26 | 24-26 | 23-25 | 24-26 |
Juli 2025 | Agust 2025 | Sept 2025 | Okt. 2025 | Nov. 2025 | Des. 2025 |
04-06 | 07-09 | 02-04 | 02-04 | 05-07 | 05-07 |
17-19 | 22-24 | 10-12 | 17-19 | 20-22 | 12-14 |
29-31 | 29-31 | 26-28 | 29-31 | 28-30 | 19-21 |
TEMPAT PELAKSANAAN
DE LAXSTON HOTEL *** YOGYAKARTA
Jl.Urip Sumoharjo No.139A Kota Yogyakarta (Depan Bioskop XXI Kota Yogyakarta)
PAKET BIAYA PELATIHAN DAN FASILITAS
BIAYA PELATIHAN | FASILITAS |
Paket Menginap Rp. 5.800.000/ Peserta |
Menginap 1 kamar /Peserta selama 2 malam Konsumsi; Breakfast, Coffee Break, Lunch, Dinner. Selama berada dihotel. Seminar Kitt : Tas Ransel, Blocknote, Balpoint, Cocart, Sertifikat Pelatihan, Flasdisk Berisi Materi dan Foto kegiatan |
Paket Tanpa Menginap Rp. 4.800.000/ Peserta |
Konsumsi Breakfast, Coffee Break, Lunch, Dinner selama acara berlangsung. Seminar Kitt : Tas Ransel, Blocknote, Balpoint, Cocart, Sertifikat Pelatihan, Flasdisk Berisi Materi dan Foto kegiatan |
Paket Online Training Rp. 3.500.000 / Peserta |
Pelatihan selama 1 hari : Ruang Zoom Meeting, Rekaman Zoom Meeting, Sertifikat Pelatihan, Softfile Materi |
MEKANISME PEMBAYARAN
Pembayaran bisa dilakukan dengan ditransfer melalui :
1. BANK BPD DIY a.n : MITRA KONSULTAN DIKLAT No. Rekening : 041.211.010529
2. BANK MANDIRI a.n : MITRA KONSULTAN DIKLAT No. Rekening : 137-00-2464897-0
bukti Transfer dapat dikirim melalui Whatsapp : 082-133-835-500
INFORMASI PENDAFTARAN
Hubungi no kontak whatshapp kami di 082-133-835-500 atau
KETIK : Kami mendaftarkan diri sebagai peserta, dengan identitas sebagai berikut:
Tema/Judul Pelatihan | |
Nama Lengkap & Gelar | |
Jabatan | |
Nama Instansi | |
Pilih Tanggal Pelaksanaan | |
Paket Biaya Pelatihan | |
Metode Pembayaran | Transfer / On Site |
No. Kontak Peserta |
Kirim ke Whatsapp kami : 082-133-835-500
USULAN / PERMINTAAN JUDUL
Kami menerima usulan tema pelatihan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Instansi dan Usulan InHouse Training
HUBUNGI KAMI
Dapatkan Informasi Mengenai Diklat Pemda & Rumah Sakit Terbaru
Hubungi Kami Via WhatsApp Hubungi Kami Via Telephone