PENDAHULUAN
Rekam Medis Rumah Sakit adalah keterangan baik yang tertulis maupun yang terekam tentang identitas, anamnese, penentuan fisik laboratorium, diagnosa segala pelayanan dan tindakan medis yang diberikan kepada pasien dan pengobatan baik yang dirawat inap, rawat jalan maupun yang mendapat pelayanan gawat darurat. Penyelenggaraan rekam medik adalah proses kegiatan yang dimulai pada pasien selama pasien itu mendapat layanan medik di rumah sakit dan dilanjutkan dengan penanganan berkas rekam medik yang meliputi penyelenggaraan, penyimpanan serta pengeluaran berkas dari tempat penyimpanan untuk melayani permintaan apabila diperlukan oleh dokter, mahasiswa penelitian maupun hukum di pengadilan

Selain melakukan pencatatan data rekam medis, tenaga perekam medis juga dituntut untuk bisa melakukan analisis data dan menyajikan data dalam bentuk informasi kesehatan yang handal, sehingga bisa menjadi masukan bagi pejabat pengambil keputusan di rumah sakit atau institusi kesehatan yang lainnya. Sehingga dengan hal ini, rekam medis merupakan hal penting dalam pengembangan layanan rumah sakit. Selain hal tersebut, rekam medis juga berfungsi sebagai perlindungan kepentingan hokum baik bagi pasien, tenaga kesehatan maupun institusi pelayanan.

Maka dari itu, kemampuan pengelolaan dengan manajemen yang rapi, pengkodean yang sistematis dan benar, serta update tentang manajemen informasi kesehatan menjadi salah satu syarat utama bagi petugas rekam medis yang handal dan professional.

Maka kami Lembaga Pelatihan Mitra Konsultan & Diklat Rumah Sakit mengajak Bapak/Ibu/Saudara(i) Aparatur di lingkungan rumah sakit untuk mengikuti Bimbingan Teknis dengan tema Bimtek Manajemen Rekam Medis Dasar Rumah Sakit Sesuai Standar Akreditasi KEMENKES R.I 2022.

Pelatihan diadakan selama tiga hari, dengan biaya yang sangat terjangkau. Materi disampaikan oleh narasumber yang ahli dibidangnya.
MATERI
1. Pengantar Dasar Manajemen Rekam Medis, meliputi : Proses Identifikasi, Indexing, Filling dan Retrieving
2. Terminologi medis dasar
3. Pengelolaan Sistem Rekam Medis
4. Sistem Penomoran
5. Penamaan
6. Penyimpanan/Penjajaran
7. Pengenalan ICD 10
8. Pengambilan kembali Rekam Medis
9. Penyusutan dan Pemusnahan Rekam Medis
10. Perencanaan Kebutuhan Ruang Penyimpanan Rekam Medis dan Perhitungan Rak
11. Disain Formulir Rekam Medis Isi rekam medis dan penataan berkas Rekam Medis
12. Pengendalian Dan Evaluasi Dokumen Rekam Medis (Manual & Komputerisasi)
13. Praktik Pengkodean menggunakan Rekam Medis Klasifikasi penyakit dan Tindakan

KRITERIA PESERTA
1. Kepala Instalasi Rekam Medis Rumah Sakit
2. Staf Instalasi Rekam Medis
3. Staf Bagian Arsip
4. Bagian Informasi Kesehatan Rumah Sakit
5. SDM Rumah Sakit

METODE PELAKSANAAN
1. Presentasi
2. Diskusi Tanya Jawab
3. Studi Kasus / Pemecahan Masalah

WAKTU TANGGAL PELAKSANAAN

Jan. 2025 Feb. 2025 Maret 2025  April 2025  Mei 2025  Juni 2025
14-16 06-08 05-07 10-12 02-04 10-12
23-25 19-21 20-22 15-17 14-16 19-21
29-31 26-28 24-26 24-26 23-25 24-26
Juli 2025 Agust 2025  Sept 2025 Okt. 2025  Nov. 2025 Des. 2025
04-06 07-09 02-04 02-04 05-07 05-07
17-19 22-24 10-12 17-19 20-22 12-14
29-31 29-31 26-28 29-31 28-30 19-21

TEMPAT PELAKSANAAN
De LAXSTON*** Yogyakarta
Jl.Urip Sumoharjo No.139A Kota Yogyakarta (Depan Bioskop XXI Kota Yogyakarta)

PAKET BIAYA PELATIHAN DAN FASILITAS

BIAYA PELATIHAN FASILITAS
Paket Menginap
Rp. 5.800.000/ Peserta
Menginap 1 kamar /Peserta selama 2 malam
Konsumsi; Breakfast, Coffee Break, Lunch, Dinner. Selama berada dihotel. Seminar Kitt : Tas Ransel, Blocknote, Balpoint, Cocart, Sertifikat Pelatihan, Flasdisk Berisi Materi dan Foto kegiatan
Paket Tanpa Menginap
Rp. 4.800.000/ Peserta
Konsumsi Breakfast, Coffee Break, Lunch, Dinner selama acara berlangsung. Seminar Kitt : Tas Ransel, Blocknote, Balpoint, Cocart, Sertifikat Pelatihan, Flasdisk Berisi Materi dan Foto kegiatan
Paket Online Training
Rp. 3.500.000 / Peserta
Pelatihan selama 1 hari : Ruang Zoom Meeting, Rekaman Zoom Meeting, Sertifikat Pelatihan, Softfile Materi

MEKANISME PEMBAYARAN
Pembayaran bisa dilakukan dengan ditransfer melalui :
1. BANK BPD DIY a.n :  MITRA KONSULTAN DIKLAT No. Rekening : 041.211.010529
2. BANK MANDIRI a.n : MITRA KONSULTAN DIKLAT No. Rekening : 137-00-2464897-0

bukti Transfer dapat dikirim melalui Whatsapp : 082-133-835-500

INFORMASI PENDAFTARAN 
Hubungi no.kontak Whatsapp kami di 082 133 835 500 atau  
KETIK : Kami mendaftarkan diri sebagai peserta, dengan identitas sebagai berikut:

Tema/Judul Pelatihan                    
Nama Lengkap & Gelar                   
Jabatan                                         
Nama Instansi                            
Pilih Tanggal Pelaksanaan     
Paket Biaya Pelatihan                
Metode Pembayaran                 Transfer / On Site
No. Kontak Peserta   

Kirim ke Whatsapp Kami di : 082 133 835 500
USULAN /PERMINTAAN JUDUL
Kami menerima usulan tema pelatihan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Instansi dan Usulan InHouse Training

Anda dapat membagikan dengan :

Kontak Kami

HUBUNGI KAMI

Dapatkan Informasi Mengenai Diklat Pemda & Rumah Sakit Terbaru

Hubungi Kami Via WhatsApp Hubungi Kami Via Telephone
Chat Us On WhatsApp